Author Guidelines

TANZĪL merupakan jurnal di bawah naungan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sadra yang fokus pada penelitian tentang studi al-Qur’an dari berbagai disiplin pemikiran yang bertujuan untuk untuk mewacanakan dialog teoretis, kritis antara akademisi dan pengkaji al-Qur’an. Jurnal ini menyajikan artikel dari hasil penelitian individu atau kelompok, yang berupa kajian literatur, termasuk di dalamnya  tinjauan buku, studi tokoh maupun penelitian lapangan. Kajian ini diharapkan mampu membuka perspektif yang beragam dan pemahaman mendalam terhadap al-Qur’an.

TANZĪL terbit dua kali setahun, setiap bulan April dan Oktober. Kontribusi dikirimkan dengan mengikuti petunjuk penulisan, sebagai berikut :

  1. Naskah merupakan karya ilmiah orisinil yang belum pernah dipublikasikan dan tidak memuat unsur plagiat.
  2. Naskah yang dikirimkan dapat berupa konseptual, resume hasil penelitian, resume buku atau pemikiran tokoh, bagian dari tesis disertasi yang telah mengalami penyesuaian untuk standar jurnal. Artikel mengandung unsur temuan baru, yang merespon isu-isu dan wacana kontemporer, meliputi hasil pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan studi al-Qur’an dalam berbagai perspektif.
  3. Artikel di tulis dalam Bahasa Indonesia, Arab atau Bahasa Inggris sebanyak 15-25 halaman termasuk referensi, daftar pustaka dan tabel (jika ada). Artikel ditulis dalam kertas A4 dengan ukuran atas 3 cm, bawah dan sisi kanan 3 cm dengan menggunakan tipe times new roman ukuran 12, ketikan1,5 spasi.
  4. Naskah dalam Bahasa Indonesia disertai abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, sedangkan naskah dalam Bahasa Inggris, naskah harus disertai abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Abstrak diketik sebanyak 200 kata dan kata kata kunci sebanyak 3-5 kata menggunakan times new roman 12 ukuran 10 dan spasi tunggal.
  5. Naskah review buku ditulis antara 1500-2000 kata.
  6. Naskah meliputi : Judul, Nama lengkap penulis, Instansi penulis, Email, Abstrak (dalam bahasa Indonesia dan Inggris), Kata kata kunci, Pendahuluan, Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Rujukan.
  7. PENDAHULUAN terdiri dari latar belakang masalah; hipotesis (jika ada); tujuan penelitian; dan biasanya bagian ini hanya berkisar 3-4 paragraf atau 2 halaman. Bagian ini juga mencakup beberapa literatur yang menjadi landasan teoritis studi atau mencakup studi sebelumnya.
  8. Bagian Pembahasan meliputi: sajian secara sistematis melibatkan data/informasi yang terkait dengan tujuan penelitian; dari pembahasan akan diketahui sejauhmana hasil penelitian diberi makna oleh peneliti atau penulis, juga sejauhmana penulis memberikan batasan pada penemuannya. Pada bagian ini hasil penelitian yang dapat di bagi ke dalam beberapa bab, seluruh judul bab dan sub-bab dicetak tebal (bold) dan tidak menggunakan angka/nomor pada setiap judulnya.
  9. KESIMPULAN diharapkan mencakup rekomendasi dan saran yang ditulis dalam satu paragraf penuh yang tidak terpisah.
  10. Referensi yang digunakan merupakan referensi utama, relevan dan literatur review tidak terlalu luas. Tidak mengutip dari orang lain, contohnya : .....Fazlur Rahman dalam  Hannafi...
  11. Kata atau istilah asing yang belum diubah menjadi kata Indonesia diketik dengan huruf italik/cetak miring (bila naskah dalam bahasa Indonesia).
  12. Kutipan ayat Al-Qur’an dalam artikel harus disertai dengan terjemahannya dan mencantumkan nama surat dan nomor ayat.
  13. Kutipan Hadis disertai dengan teks asli, terjemahan serta sumbernya.
  14. Artikel yang memenuhi syarat akan diseleksi dan diedit oleh tim penyunting untuk penyeragaman format dan gaya penulisan tanpa mengubah isi dan substansinya.
  15. Naskah diserahkan dalam bentuk softcopy paling lambat 2 (dua) bulan sebelum penerbitan ke alamat redaksi via OJS .
  16. Kepastian pemuatan atau penilakan artikel akan akan diberitahukan kepada penulis melalui surat atau email.
  17. Pengutipan dalam artikel menggunakan teknik catatan kaki (footnote). Literatur yang dicantumkan dalam Daftar Rujukan hanya literatur yang menjadi rujukan dan dikutip dalam karya ilmiah; Daftar Rujukan ditulis/diketik satu spasi, berurutan secara alfabetis tanpa nomor.
  18. Pengutipan dalam artikel menggunakan teknik catatan kaki (footnote). Literatur yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka hanya literatur yang menjadi rujukan dan dikutip dalam karya ilmiah; Daftar Pustaka ditulis/diketik satu spasi, berurutan secara alfabetis tanpa nomor.
  19. Pengutipan dan penyusunan Daftar Pustaka Tanzil: Jurnal Studi Al-Quran menggunakan format Chicago Manual Style (Full Note).
  20. Articles recommended using applications such as Mendeley and Zotero to facilitate writing references.
  21. Artikel yang dikirimkan harus sudah menggunakan Template Tanzil yang bisa diakses di https://bit.ly/3uKxOY9 .
  22. Artikel yang dikirimkan sudah mengikuti petunjuk atau Pedoman Transliterasi yang digunakan oleh Tanzil. Penulis bisa menyesuaikan formatnya dengan mengikuti Pedoman Transliterasi berikut ini https://bit.ly/3JkVlmb .