Reader Comments

Akibat Infeksi Saluran Kemih Jika Dibiarkan

by Holla Arnold Arnoldo Arendt (01-08-2019)


Infeksi Saluran Kemih Jika Dibiarkan 01

Akibat Infeksi Saluran Kemih Jika Dibiarkan?  [Telp:  081366657878]. Infeksi saluran kemih jika dibiarkan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lain. Salah satu contohnya adalah infeksi saluran kemih berulang. Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan adalah salah satu gangguan kesehatan yang terjadi pada sistem saluran kemih. Infeksi yang terjadi pada ginjal, kandung kemih, uretra, maupun ureter dapat menyebabkan adanya gangguan infeksi saluran kemih ini.

Infeksi saluran kemih dapat terjadi pada pria maupun wanita. Salah satu gejala yang muncul akibat gangguan infeksi saluran kemih ini adalah gangguan buang air kecil yang mengganggu aktivitas. Bahkan ada pula yang disertai dengan infeksi lain sehingga gejala yang terjadi lebih parah. Salah satu gejala tersebut di antaranya adalah nyeri pada perut bagian bawah. Infeksi saluran kemih dapat terjadi pada pria maupun wanita, bahkan pada anak-anak sekalipun.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Apa Itu Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah salah satu penyakit yang harus Anda waspadai. Pasalnya infeksi saluran kemih jika dibiarkan dan bakterinya naik hingga ke sistem saluran kemih bagian atas dapat menyebabkan infeksi ginjal. Jika sudah mengenai ginjal, maka tidak hanya gangguan kencing saja yang Anda alami. Hal ini akan mengganggu fungsi organ lainnya. Zat sisa yang berada di darah akan dipisahkan oleh ginjal sehingga dikeluarkan dalam bentuk urin. Jika kotoran dalam urin yang seharusnya dikeluarkan tidak dapat dikeluarkan, maka dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya. 

Berdasarkan bagian yang terkena infeksi, infeksi saluran kemih ini terbagi menjadi beberapa jenis, ada infeksi saluran kemih atas dan infeksi saluran kemih bawah. Hal ini tergantung bagian sistem saluran kemih mana yang terkena infeksi. Yang termasuk ke dalam sistem saluran kemih bagian atas adalah ginjal dan ureter. Sedangkan yang bagian bawah adalah uretra dan kandung kemih.

Infeksi Saluran Kemih Jika Dibiarkan 02

Infeksi Saluran Kemih Jika Dibiarkan 02

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Untuk mengetahui infeksi saluran kemih terjadi pada kita, dapat dilihat dari berbagai gejala yang muncul, di antaranya: 

• Buang air kecil kurang tuntas.
• Rasa nyeri saat buang air kecil.
• Terkadang keluar urine bercampur dengan darah.
• Tidak enak badan.
• Nyeri di bagian kemaluan.
• Demam yang disertai menggigil.
• Warna urin menjadi lebih keruh.

Ketika Anda mengalami gejala infeksi saluran kemih seperti di atas, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter. Pengobatan dapat dilakukan dengan cara memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu. Untuk mengetahui sejauh mana infeksinya telah terjadi sehingga dapat mengambil langkah pengobatan yang tepat. Pengobatan untuk infeksi menular seksual dapat dilakukan dengan menggunakan obat infeksi saluran kemih. Selain itu, obat ini juga pemakaiannya harus disesuaikan dengan resep dokter agar dapat segera menyembuhkan gejala akibat infeksi saluran kemih jika dibiarkan.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Bahaya Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih jika dibiarkan dapat menyebabkan berbagai bahaya d di antaranya adalah gejala yang terjadi dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala infeksi saluran kemih di atas perlu segera diatasi agar tidak menyebabkan infeksi saluran kemih berulang. Ketika infeksi saluran kemih telah sampai di tahap ini maka infeksinya dapat naik hingga ke ginjal. Gangguan ginjal akibat infeksi saluran kemih jika dibiarkan akan mempengaruhi fungsi organ lainnya. selain itu infeksi saluran kemih juga dapat menyebabkan penularan yang jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan gejala yang serupa dan bisa lebih parah karena infeksinya dapat menyebar.

Infeksi saluran kemih jika dibiarkan akan naik hingga ke ginjal, maka akan lebih sulit untuk disembuhkan. Pasalnya infeksi saluran kemih pada mulanya merupakan gangguan buang air kecil yang dapat sembuh sendiri gejalanya. Namun, jika tidak segera diobati, maka infeksinya akan semakin parah. Bahkan pada wanita dapat menyebabkan berbagai bahaya. Salah satunya yaitu bahaya kelahiran prematur jika infeksi saluran kemih terjadi pada wanita hamil. Selain itu bayinya juga akan memiliki berat badan yang kurang ketika dilahirkan. Jika terjadi pada pria, maka dapat menyebabkan adanya penyempitan saluran kencing yang akan membuat penderitanya kesulitan untuk buang air kecil.

Infeksi Saluran Kemih Jika Dibiarkan 03
Tips mencegah Infeksi Saluran Kemih

Jika Anda tidak ingin terkena infeksi saluran kemih, maka cegahlah dengan menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Terkadang faktor penyebab infeksi saluran kemih merupakan kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Kebiasaan buruk yang Anda lakukan bisa jadi menjadi faktor penyebab ISK dan Anda harus menghindari hal-hal tersebut. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mencegah adanya infeksi saluran kemih. 

• Tidak membiasakan diri untuk menahan kencing 
Menahan kencing dapat menyebabkan bakteri maupun zat sisa dalam urin menyebabkan infeksi pada sistem saluran kemih. Untuk itu, jangan pernah menahan kencing, apalagi jika hal tersebut sering dilakukan, maka infeksi saluran kemih jika dibiarkan juga dapat memicu masalah lain. 

• Setiap hari minum yang cukup yaitu minimal 8 gelas sehari
Tubuh membutuhkan asupan air yang cukup untuk menjalankan fungsinya. Ketika tubuh mendapatkan suap air yang cukup, maka aktivitas berkemih dapat berjalan dengan lancar, berkemih merupakan suatu aktivitas untuk mengeluarkan racun melalui urin. Adanya bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh terutama uretra dapat dicegah jika sebelum menginfeksi, bakteri yang dapat dikeluarkan dari tubuh melalui aktivitas buang air kecil. 

• Cara membersihkan alat kelamin
Kebiasaan membersihkan alat kelamin yang tidak benar juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Biasakan untuk mencuci dari depan ke belakang dan bukan sebaliknya. Di sekitar anus ada bakteri yang dapat menyebabkan infeksi jika masuk ke dalam tubuh. Jika bakteri dari anus ini masuk melalui vagina maupun penis, maka Anda akan mengalami infeksi saluran kemih jika dibiarkan.

• Mencuci tangan setiap setelah memegang organ intim
Saat kali habis memegang alat kelamin cucilah tangan Anda karena bakteri maupun virus yang menempel pada tangan tidak masuk ke dalam tubuh melalui organ lain. Biasakan untuk menggunakan obat antiseptik agar dapat membunuh bakteri maupun virus yang mungkin menempel pada tangan Anda. Tak hanya itu, produk yang Anda gunakan untuk membersihkan alat kelamin juga sebaiknya pilih yang memiliki bahan yang aman untuk digunakan.

Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Penyakit infeksi saluran kemih jika dibiarkan dapat menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu dan menular. Untuk itu, segera lakukan pengobatan jika merasakan gejala yang mirip dengan infeksi saluran kemih. Jangan biarkan infeksinya semakin menyebar dan menyebabkan infeksi ginjal yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih berbahaya. Segera setelah Anda menyadari infeksi saluran kemihnya muncul, lakukan pemeriksaan ke dokter. 

Paling tidak melakukan konsultasi untuk mengetahui kondisi yang Anda alami apakah benar karena infeksi saluran kemih jika dibiarkan. Pengobatan yang dilakukan dapat menggunakan obat untuk infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih jika dibiarkan tanpa adanya pengobatan dapat menyebabkan adanya gangguan kesehatan lain yaitu infeksi yang lebih parah. Bahaya yang mungkin muncul adalah seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Untuk itu, segera periksakan diri anda ke Klinik Utama Sentosa jika Anda menemukan gejalanya dan hubungi nomor 081366657878.

Original post: https://klinikutamasentosa.id/urethritis/akibat-infeksi-saluran-kemih-jika-dibiarkan/

Klinik Utama Sentosa Jakarta Utara: https://klinikutamasentosa.id/

Kunjungi: https://klinikutamasentosa.id/urethritis/



Powered by OJS | Azwar Muin