Reader Comments

Benarkah Hormon Adalah Faktor Ejakulasi Dini Terjadi?

by Holla Arnold Arnoldo Arendt (05-09-2019)


Hormon Adalah Faktor Ejakulasi Dini Terjadi? [Telp: 081366657878]. Ada berbagai faktor ejakulasi dini yang menyebabkan pria mengalami ejakulasi lebih cepat. Salah satu faktor penyebabnya adalah gangguan pada hormon. Kenapa gangguan hormon berakibat pada ejakulasi dini? hal ini karena dalam menjalankan fungsinya tubuh membutuhkan membutuhkan hormon untuk mendukungnya.

Ejakulasi dini merupakan hal yang umum dialami oleh pria. Salah satu jenis gangguan seksual ini ditandai dengan orgasme yang terlalu cepat meski dengan stimulasi minimal. Biasanya sperma keluar terlebih dahulu di luar keinginan. Tak hanya saat berhubungan seksual, ejakulasi dini juga dapat terjadi ketika masturbasi. Hampir semua pria dewasa pernah mengalami ejakulasi dini ini. Ejakulasi memang tidak memiliki batas waktu yang pasti, namun umumnya pencapaian klimaks tidak berlangsung kurang dari dua menit. Jika ejakulasi berjalan kurang dari dua menit, maka hal tersebut dapat disebut sebagai ejakulasi dini.

Apa Pengertian Ejakulasi Dini?

Ejakulasi dini merupakan sebuah gangguan seksual yang diderita oleh pria dewasa. Gangguan seksual yang satu ini ditandai dengan ejakulasi yang terjadi lebih cepat dari yang seharusnya. Gangguan seksual seperti ejakulasi dan impotensi merupakan hal umum yang dialami pria. Hanya saja, ejakulasi ini juga dapat menjadi gejala dari penyakit yang berbahaya. Gangguan ejakulasi dini dapat terjadi pada pria maupun pria yang sudah lanjut usia.

Ejakulasi yang terlalu cepat dapat menyebabkan gangguan kemandulan jika terus berlanjut. Untuk itu ejakulasi dini tidak boleh Anda remehkan. Apalagi jika setengah dari aktivitas berhubungan seksual yang Anda lakukan disertai terjadinya ejakulasi dini. Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter agar ejakulasi dini dapat segera dituntaskan. Untuk mengatasi ejakulasi dini, maka perlu diketahui faktor ejakulasi dini yang menyebabkannya.

Faktor Penyebab Gangguan Seksual Ejakulasi Dini

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan ejakulasi dini. Sedangkan tahap ejakulasi dini juga terbagi menjadi beberapa, ada ejakulasi dini ringan, sedang, dan parah. Tahap ejakulasi dini ini juga mempengaruhi cara mengatasi ejakulasi dini yang akan dilakukan. Sebelum kita bahas bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini, mari kita kenali dulu beberapa faktor yang dapat menyebabkan ejakulasi dini. 

• Impotensi
Gangguan seksual lainnya yaitu impotensi dapat memicu gangguan seksual ejakulasi dini. Begitu pula sebaliknya ketika seorang pria mengalami ejakulasi dini, ia akan lebih rentan terkena impotensi

• Hipertensi
Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab dari gangguan seksual yang dapat dialami pria. Salah satu faktor yang menentukan kelancaran berhubungan seksual adalah tekanan darah. Jika tekanan darah tidak normal, maka ejakulasi akan terjadi lebih cepat. Selain itu, obat yang digunakan untuk mengobati hipertensi juga dapat memicu terjadinya ejakulasi dini. 

• Kadar hormon
Kadar hormon dalam tubuh juga berpengaruh terhadap aktivitas seksual. Terutama hormon estrogen yang dapat mempengaruhi gairah seksual pria. Serta hormon tiroid yang memiliki andil besar bagi tubuh dalam menjalankan fungsinya. Hormon tiroid ini memiliki fungsi dalam mengontrol kecepatan proses metabolisme, pertumbuhan, hingga mengatur refleks tubuh. Jika Anda mengalami kelebihan kadar hormon tiroid, maka segala aktivitas yang merupakan fungsi hormon tiroid menjadi lebih cepat. Termasuk kecepatan refleks tubuh yang dikendalikan sistem saraf untuk proses ejakulasi dini pada pria. 

• Kerusakan pada sistem saraf
Faktor ejakulasi dini lainnya adalah kerusakan pada sistem saraf yang disebabkan oleh trauma maupun bekas menjalani operasi. 

• Dampak mengonsumsi obat-obatan tertentu
Obat-obatan tertentu yang Anda konsumsi juga termasuk faktor ejakulasi dini. Obat yang dikonsumsi untuk mengobati penyakit hipertensi merupakan salah satu hal yang dapat memicu ejakulasi dini.

Selain faktor ejakulasi dini di atas, gangguan seksual yang satu ini juga dapat disebabkan oleh stress atau depresi. Gangguan ejakulasi dini yang hanya terjadi sesekali tidaklah berbahaya, namun jika ejakulasi dini ini semakin sering terjadi, maka Anda harus segera mengatasinya. Ketika ejakulasi dini sudah memasuki tahap yang berat, maka penderita mungkin tidak bisa lagi berhubungan seksual. Pasalnya ejakulasi dapat terjadi bahkan sebelum penis menyentuh kewanitaan. Masalah ejakulasi ini perlu diobati di klinik yang tepat agar tidak semakin parah dan mengganggu kehidupan seksual Anda.

Pola Hidup Tidak Sehat Penyebab Ejakulasi Dini?

Sebenarnya faktor ejakulasi dini lainnya adalah pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, dan mengonsumsi obat-obatan terlarang berisiko besar menyebabkan gangguan seksual baik ejakulasi dini maupun impotensi. Rokok mengandung zat yang bernama nikotin. Ketika nikotin masuk ke dalam tubuh, maka dia akan menumpuk di tubuh dan menyebabkan penyumbatan pada aliran darah. Jika sering merokok, dapat dibayangkan seberapa banyak nikotin yang dapat menumpuk di tubuh dan menghalangi proses peredaran darah.

Untuk bisa berejakulasi, penis membutuhkan aliran darah ke dalam penis dan akibat aliran darah yang terhambat, ejakulasi bisa menjadi lebih cepat dan terkadang bisa lebih lama. Selain itu, mengonsumsi makanan yang dapat memenuhi nutrisi tubuh juga dapat membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan benar. Makanya pria disarankan untuk mengonsumsi makanan tertentu sebelum berhubungan seksual untuk meningkatkan gairah seksual. Namun, untuk mencegah penis yang terlalu sensitif Anda dapat menggunakan kondom agar penisnya tidak terlalu sensitif. Obesitas juga dapat menyebabkan ejakulasi dini. Untuk itu membiasakan hidup sehat seperti olahraga secara teratur merupakan salah satu cara mencegah ejakulasi dini. Menurunkan berat badan dengan cara olahraga secara teratur merupakan solusi yang terbaik.

Mengatasi Faktor Ejakulasi Dini

Faktor ejakulasi dini masih ada lagi selain yang telah disebutkan di atas. Untuk mengetahui faktor ejakulasi dini lainnya, silahkan berkonsultasi dengan dokter. Sedangkan untuk mengatasi faktor penyebab ejakulasi yang terlalu cepat ini dapat dilakukan dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Jika penyebabnya adalah gangguan psikologis atau kondisi mental pria, maka melakukan konsultasi merupakan metode yang tepat. Sedangkan untuk pria yang menderita diabetes maupun hipertensi sebaiknya menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Diabetes dan hipertensi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan gangguan aliran darah yang mempengaruhi fungsi organ tubuh lainnya.

Untuk faktor ejakulasi dini seperti diabetes dan hipertensi, sebaiknya Anda lakukan pengobatan dengan segera. Kunjungi klinik yang dapat membantu Anda mengatasi gangguan kesehatan tersebut agar tidak menyebabkan ejakulasi dini. Pasalnya faktor ejakulasi dini dapat menyebabkan berbagai dampak buruk bagi kehidupan seksual Anda. Selain tidak dapat mendapatkan kepuasan ketika berhubungan seksual, masalah ini juga membuat Anda tidak dapat memuaskan pasangan. Dampak lain yang mungkin Anda alami akibat ejakulasi dini ini adalah terganggunya keharmonisan hubungan dengan pasangan. Bahkan yang paling buruk adalah masalah dalam mendapatkan keturunan. Proses menghamili pasangan akan sulit untuk dilakukan jika ejakulasi terus terjadi diluar keinginan kita. Anda dapat mengatasi ejakulasi dini dengan berobat ke Klinik Sentosa. Klinik kami juga memberikan layanan konsultasi via online di nomor 081366657878.

Original post: https://klinikutamasentosa.id/ejakulasi-dini/benarkah-hormon-adalah-faktor-ejakulasi-dini-terjadi/

Klinik Sentosa: https://klinikutamasentosa.id/

Kunjungi: https://klinikutamasentosa.id/ejakulasi-dini/



Powered by OJS | Azwar Muin