Reader Comments

Jenis Infeksi Saluran Kemih dan Penyebabnya

by Holla Arnold Arnoldo Arendt (31-07-2019)


 

Jenis Infeksi Saluran Kemih dan Penyebabnya? [Telp: 081366657878]. Jenis infeksi saluran kemih dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan organ yang terkena infeksi. Infeksi saluran kemih merupakan infeksi yang terjadi pada sistem saluran kemih, diantaranya uretra, ureter, ginjal, dan kandung kemih. Adanya gangguan pada sistem saluran kemih dapat menyebabkan adanya gangguan buang air kecil dimana salah satunya anyang-anyangan.

Fungsi sistem saluran kemih sangatlah penting. Ginjal yang berfungsi sebagai saringan dalam membuang kelebihan cairan dari darah jika mengalami infeksi maka kotoran tidak dapat dikeluarkan secara normal. Infeksi saluran kemih ini dapat terjadi pada siapa saja, namun yang paling rentan adalah wanita. Hal ini karena bentuk uretra wanita jauh lebih pendek dari pada pria. Selain itu uretra wanita juga lebih dekat dengan anus yang merupakan salah satu jalan masuk bakteri maupun virus masuk.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Jenis-Jenis Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih terbagi menjadi beberapa berdasarkan bagian yang terkena infeksi. Berikut ini beberapa jenis infeksi saluran kemih yang dapat diderita.

Infeksi Kandung Kemih (Cystitis)

Merupakan peradangan yang terjadi pada kandung kemih. Jenis infeksi saluran kemih ini umumnya merupakan masalah yang tidak berbahaya dan dapat sembuh sendiri. Namun, jika dibiarkan tanpa perawatan maupun pengobatan dapat menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu. Infeksi jenis ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. 

Infeksi Ginjal (Pyelonephritis)

Sedangkan infeksi saluran kemih jenis ini terjadi akibat bakteri yang menginfeksi kandung kemih telah menyebar hingga ke ginjal. infeksi ini dapat menyebabkan berbagai rasa tidak nyaman serta rasa nyeri. Saluran kemih yang mengalami komplikasi dan menyebabkan infeksi ginjal. 

Infeksi Uretra (Urethritis)

Uretritis adalah jenis infeksi saluran kemih dimana uretra mengalami peradangan. Uretra merupakan saluran kencing yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh. Jika organ sistem saluran kemih yang satu ini mengalami radang, maka dapat menyebabkan berbagai gangguan buang air kecil. Gejala yang mungkin dialami oleh penderitanya adalah frekuensi buang air kecil yang lebih sering dan disertai rasa sakit.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Pada dasarnya infeksi saluran kemih ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri. Bakteri yang hidup di saluran pencernaan ini dapat berkembang biak di saluran kemih. Infeksi ini diakibatkan oleh bakteri yang masuk ke saluran kemih melalui lubang kencing. Bakteri E. coli ini terdiri dari beberapa jenis dimana sebagian besarnya tidak berbahaya, namun yang berbahaya itu salah satunya adalah yang menyebabkan jenis infeksi saluran kemih ini. bahkan beberapa diantaranya ada yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Selain infeksi bakteri, ada juga beberapa faktor yang dapat mempengaruhi jenis infeksi saluran kemih yang kita alami, faktor tersebut diantaranya adalah:

Jenis kelamin

Wanita jauh lebih rentan terkena infeksi ini dibandingkan pria. Alasannya karena uretra wanita lebih pendek dibanding pria, hal ini memudahkan bakteri untuk masuk ke sistem saluran kemih wanita.

Berhubungan seksual yang tidak aman

Berhubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan tanpa menggunakan alat pengaman merupakan hal yang dapat memicu terjadinya infeksi pada sistem saluran kemih. 

Cara membersihkan alat kelamin

Arah membersihkan kemaluan yang benar seharusnya dari depan ke belakang. JIka memiliki kebiasaan membersihkan kemaluan dengan cara yang sebaliknya, maka hal tersebut dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Biasakan untuk mencuci dari depan ke belakang agar Anda dapat terhindar dari infeksi saluran kemih. 

Penggunaan alat kontrasepsi spiral

Menggunakan alat kontrasepsi spiral (IUD) yang ditanam di perut dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Pada beberapa kasus, seseorang yang terkena infeksi saluran kemih maka perlu melepaskan alat kontrasepsi spiral yang dipakainya untuk mengatasi masalah infeksi saluran kemih yang dialaminya. Mengalami penyumbatan saluran kencing seperti Pembesaran prostat maupun adanya batu dalam saluran kencing dapat menyebabkan infeksi pada saluran kandungan kemih.

Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Seseorang yang menderita penyakit diabetes dan kondisi tertentu biasanya cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Hal ini menyebabkan resiko terjadinya berbagai jenis infeksi saluran kemih lebih besar. 

Saluran kencing yang tidak normal

Bayi yang terlahir memiliki saluran kencing tidak normal juga berisiko terkena infeksi lauran kemih. Selain itu penyebab ini juga dapat menyebabkan retensi urin dan uretra. 

Menopause

Wanita yang menopause setelahnya akan mengalami penurunan kadar estrogen. Hal ini dapat menyebabkan perubahan tubuh, salah satunya dalam berkemih, dan membuat lebih rentan terhadap infeksi.

Pemakaian kateter

Memakai kateter dalam jangka waktu yang lama juga berisiko menyebabkan infeksi saluran kemih. Hal ini dapat dialami oleh pasien yang berada di rumah sakit biasanya sering menggunakan kateter ini untuk membantu dalam buang air kecil.

Bahaya Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih memang gangguan yang tidak berbahaya. Namun, jika infeksinya telah menyebabkan peradangan hingga ke seluruh sistem saluran kemih bahkan hingga ke ginjal, maka hal tersebut dapat memunculkan gejala yang mengganggu seperti masalah buang air kecil. Infeksi saluran kemih yang biarkan dapat menyebabkan komplikasi seperti sepsi, striktur uretra, serta kelahiran prematur jika dialami oleh wanita hamil.

Sepsis merupakan suatu kondisi berbahaya yang disebabkan oleh infeksi yang terjadi hingga ke ginjal. sedangkan striktur uretra merupakan penyempitan uretra pada pria yang dapat menyebabkan masalah buang air kecil. Jika infeksi saluran kemih terjadi pada hamil, maka bahaya yang mungkin dialami adalah kelahiran prematur dimana bayi yang dilahirkan memiliki kekurangan berat badan. Tergantung dari jenis infeksi saluran kemih mana yang Anda alami, pengobatan terhadap infeksi saluran kemih ini dapat dilakukan. Pengobatan untuk infeksi saluran kemih ini dapat dilakukan di berbagai klinik kelamin seperti Klinik Utama Sentosa.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Agar terhindar dari bahaya infeksi saluran kemih ini, sebaiknya lakukan hal seperti di bawah ini:

• Biasakan untuk membersihkan kemaluan dengan cara yang benar yaitu dari depan ke belakang. Cara membersihkan kemaluan dari anus ke bagian depan dapat memicu bakteri dari anus masuk ke saluran kencing dan menyebabkan infeksi. 
• Minum air yang cukup setiap harinya. Hal ini dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil sehingga bakteri yang mungkin masuk ke uretra dapat dikeluarkan bersama dengan urine. 
• Membersihkan kemaluan setelah dan sesudah melakukan hubungan seksual
• Memilih produk pembersih wanita yang aman dan tidak berpotensi menyebabkan iritasi. 
• Memakai pakaian dalam yang tidak ketat

Jika hal di atas dapat dilakukan untuk mencegah berbagai jenis infeksi saluran kemih, maka untuk mengobati infeksi saluran seksual yang telah terjadi dapat dilakukan dengan melakukan tindakan pengobatan yang tepat. Perawatan yang tepat dapat mengatasi gejala infeksi saluran kemih yang anda alami. Untuk mengobati infeksi bakteri yang menyerang sistem saluran kemih, infonya dapat Anda tanyakan pada dokter kami. Selain berkonsultasi langsung ke klinik, Anda juga dapat berkonsultasi melalui layanan hotline di nomor 081366657878.

Original post: https://klinikutamasentosa.id/urethritis/jenis-infeksi-saluran-kemih-dan-penyebabnya/

Klinik Utama Sentosa Jakarta Utara: https://klinikutamasentosa.id/

Kunjungi: https://klinikutamasentosa.id/urethritis/

 



Powered by OJS | Azwar Muin