Reader Comments

CV

by area seoku (22-04-2020)

In response to Sorotan Teman-Teman

Terdapat 2 Jenis Contoh CV. Kedua jenis ini dibedakan berdasarkan jenis formatnya,

1. Format formal

Jenis CV ini biasanya dibuat untuk melamar ke bidang pekerjaan seperti manajemen, keuangan dan administrasi. Karena pada umumnya pihak HRD akan menyeleksi format CV https://slides.com/daftarriwayathidup yang rapi, plain dan terkesan kaku.

2. Format semi-formal atau format kreatif

Jenis CV ini biasanya dibuat untuk melamar ke bidang kreatif seperti desain grafis, editor majalah, ilustrator dan fotografer. Karena pada umumnya pihak HRD akan menyeleksi yang dilihat dari kreatifitas dengan format CV yang beragam disertai banyak warna dan gambar.

Baca Juga: 5 Tips Melamar Kerja untuk Fresh Graduate

Wajib dingat, CV harus dibuat dengan jujur dan selengkap mungkin, karena setiap poin memiliki penilaian khusus tersendiri yang dapat menambah atau bahkan mengurangi kesempatan Anda untuk dapat diterima bekerja di perusahaan yang dilamar.

Selain itu, kebenaran informasi akan dipertanggungjawabkan ketika Anda masuk ke tahap wawancara atau tahap tes lainnya. Buatlah CV Anda sesuai kebutuhan dan bidang pekerjaan. Jadi pastikan Anda membuat CV yang sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri dan kebutuhan perusahaan yang dilamar agar semakin diingat oleh pihak HRD perusahaan tersebut.

Selanjutnya, akan dibahas prinsip utama mengenai cara membuat CV profesional yang baik dan menarik secara sederhana tetapi tepat sasaran.

Namun, sebelum ke pokok pembahasan tersebut, sebaiknya Anda memahami dulu kesalahan utama yang perlu dihindari dalam membuat CV. Jika Anda hanya mengetahui cara membuat CV yang baik maka tidak heran jika nantinya Anda terjebak dengan hanya membuat CV yang baik dan salah, dibandingkan dengan membuat CV yang baik dan benar riwayat hidup.



Powered by OJS | Azwar Muin