Penerapan Teori-Teori Filosofis Dalam Menafsirkan Al-Qur’an

Ikhlas Budiman

Abstract

Abstract

Human reason is a tool to understand the realities and to express them in the philosophical theories. Because the Koran suggests human to use their reason, then the philosophical theories as the results of the use of reason can be used to understand and interpret verses of the Koran. This paper describes the application of that philosophical theories to the Quranic verses as a mode of interpretation of the Koran, such as the theory of the fundamental reality and unity of existence, the theory of gradation, the theory of existence-in-itself and existence-in-something-else, the theory of quiddity, the theory of cause and effect, the theory of every faculty happiness in achieving its essence demands without obstacles, the theory of the substantial motion, and the theory of the lowest thing having the potentiality to become the higher.

Keywords: Reason, the philosophical theories, the verses of the Koran

 

Abstrak

Akal manusia berfungsi sebagai alat untuk memahami realitas, kemudian membahasakannya menjadi teori-teori filosofis. Karena al-Qur’an menganjurkan untuk menggunakan akal, maka teori-teori filosofis dapat digunakan untuk memahami dan menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an. Artikel ini menjelaskan bagai-mana penerapan teori-teori filosofis tersebut terhadap ayat-ayat al-Qur’an sebagai corak penafsiran al-Qur’an, diantaranya adalah teori ashalah al-wujud wa wahdatuhu atau kemendasaran wujud dan ke-satuannya, teori gradasi, teori wujud mandiri (wujūd mustaqill) dan wujud bergantung (wujūd rābith), teori kuiditas, teori sebab akibat, teori bahwa kebahagiaan setiap fakultas (quwwah) adalah meraih apa yang menjadi tuntutan esensinya tanpa ada yang merintangi, teori gerakan substansi, dan teori bahwa setiap yang terendah memiliki potensi untuk sampai pada yang lebih tinggi darinya.

Kata-kata kunci: Akal, teori filosofis, ayat al-Qur’an




Keywords


Akal; teori filosofis; ayat al-Qur’an

Full Text:

PDF


References


Al-Ardebilī, ‘Ali ‘Ilmī, Syarḥ Nihāyat al-Hikmah. Qum: Bustan al-Kitab, 1429 H.

Al-‘Āmulī, Muhammad Taqī, Durar al-Fawā’-id, Jil. 1. Qum: Muassasah Dār al-Tafsīr, 1416 H.

Al-Ishfahānī, Muhammad ‘Ali Ridhā’ī, Durūs fī al-Manāhij wa al-Ittijīhāt al-Tafsīriyyah li al-Qur’ān (diterjemahkan ke bahasa Arab oleh Qasim al-Baydhānī). Qum: Jāmi’-ah al-Mushthafā al-‘Ālamiyah, 1421 H.

Bagus, Lorens Kamus Filsafat, Jakarta: PT Gra-media Pustaka Utama, cet. kelima, 2005.

-----. Metafisika, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1991

Bidhar, Muhsin, Muqaddimah (Tafsīr al-Qur’ān al-‘Azhīm, vol.1 karya Shadruddin Muham-mad al-Syirazi). Qum: Intisyarat Bidhar, 1366.

Dinānī, Ghulam Muḥsin Ibrahimi, Qawā’id Fal-safī dar Falsafh-e Islāmī, jil. 1. Tehran: Mua-ssasah Muthālaat wa Tahqīqate Farhanghi, 1370 HS

Al-Dzahabī, Muhammad Husain, Al-Tafsīr wa al-Mufassirūn, Juz 2. Kairo: Maktabah Wah-beh, tanpa tahun

Abu Nashr al-Fārābī, Fushūsh al-Hikam. Qum: Intisyārāt Bidhar, 1405 H.

Husain, Thalāl, Al-Manhaj al-Tafsīrī ‘inda al-‘Allā-mah al-Haydarī. Qum: Dar Faraqid, 2010.

Haqqānī, Husain, Syarh Nihāyat al-Hikmah, jil. 2. Tehran: Jamiah al-Zahra, 1420 H.

Haydarī, Kamāl, Durūs fī al-Hikmat al-Muta’ā-liyah, jil. 1. Qum: Dār Farāqid li al-Thibā’ah wa al-Nasyr, 1426 H.

-----. Ushūl al-Tafsīr wa al-Ta’wīl. Qum: Dār Farā-qid, 1427 H.

-----. Syarh Bidāyat al-Hikmah, jil. 2. Qum: Dar Faraqid li ath-Thiba’ah wa al-Nasyr, 1425 H.

Ibn Rusyd, Risālat Mā Ba‘da al-Thabī‘ah. Beirut: Dār al-Fikr, 1994.

Ibn Sīnā, Rasā’il Ibn Sīnā. Qum: Intisyarat Bi-dar, 1400 H.

----. Al-Syifā’, al-Manthiq, jil. 3. Qum: Maktabah Ayatullah al-Mar’asyī, 1401 H.

----. Al-Syifā’, al-Ilāhiyyāt. Qum: Maktabah Aya-tullah al-Mar’asyi, 1401 H.

Ikhwān Al-Shafā, Rasā’il Ikhwān Al-Shafā wa Khi-llān al-Wafā’, jil. 1. Beirut: Al-Dār al-Islāmi-yyah, 1412 H

Al-Kindī, Rasā’il al-Kindī al-Falsafiyyah. Beirut: Dār al-Fikr al-Arabī, t.th.

Ma’rifat, Muhammad Hādī, Al-Tafsīr wa al-Mu-fassirūn fī Tsawbihi al-Qasyīb, jil. 2. Masyhad: Al-Jamiah al-Rawdhawiyyah li al-‘Ulum al-Islamiyyah, 1426 H.

Mehr, Husain Alawī, Āsyinā’ī bā Tārīkhi Tafsīr wa Mufassirān. Qum: Markaz Jehane Ulume Islami, 1384 HS.

Al-Muzhaffar, Muhammad Ridhā, Al-Manthiq. Beirut: Dār al-Ta’āruf li al-Mathbu’āt, 2006.

Panāh, Yadullāh Yazdān, Hikmat-e Isyrāq, jil. 1. Qum: Pizhuhashghahe Hawzah wa Da-neshghah, 1389 HS.

----. Hikmat-e Isyrāq, jil. 2. Qum: Pizhuhashghah Hawzah wa Daneshghah, 1389 HS.

Al-Qaysharī, Dāwud, Syarh Fushūsh al-Hikam, jil. 1, diedit oleh Hasan Hasan Zadeh al-Āmulī). Qum: Muassasah Bustān Kitāb, 1428 H.

Al-Rifa’ī, ‘Abd al-Jabbār, Durūs fī al-Falsafah al-Islāmiyyah, Syarh Tawdhīhiy li Kitāb Bidāyat al-Hikmah. Tehran: Muassasah al-Hudā li al-Nasyr wa al-Tawzi’, 1421 HS.

----. Mabīdi’ al-Falsafah al-Islāmiyyah, jil. 2. Beirut: Dār al-Hādī, 2001 M.

Al-Sabzewarī, Mullā Hādī, Syarh al-Manzhūmah, jil. 2. Tehran: Nasyr Nāb, 1379 HS.

Suhrawardī, Syihābuddīn Yahyā, Majmū‘ah-e Mushannafāt-e Syaykh Isyrāq, jil. 3 (diedit oleh Husein Nashr) Tehran: Muassasah Muthā-la’at wa Tahqīqāt Farhangghī, 1372 HS.

Al-Syirāzī, Shadruddīn Muhammad (Shadrul Mutaallihin), al-Masyā‘ir. Tehran: Kitāb-khaneh Thahuri, 1363.

-----. Asrār al-‘Āyāt. Tehran: Anjuman Hikmat wa Falsafah, 1360.

-----. Al-Hikmat al-Muta’āliyah fī al-Asfār al-‘Aqliyyah al-Arba‘ah, jil. 1,3,8,9. Qum: Maktabah al-Mushthawafi, t.th.

Al-Syahrizurī, Syamsuddīn, Rasā’il al-Syajarat al-Ilāhiyyah fī ‘Ulūm al-Haqā’iq al-Rabbāni-yyah, jil. 1. Mushahhih: Najefqali Habibi. Teh-ran: Muassasah Hikmat wa Falsafah Iran, 1383 HS.

Al-Shaghīr, Muhammad Husain ‘Ali Al-Mabādi’ al-Āmmah li Tafsīr al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Muarrikh al-‘Arabī, 2000 M.

Al-Thabāthabā’ī, Muhammad Husain, Al-Mīzān fī Tafsīr al-Qur’ān, jil. 1. Qum: Muassasah al-Nasyr al-Islāmī li Jamā’ah al-Mudarrisīn, 1417 H.

-----. Al-Mīzān fī Tafsīr al-Qur’ān, jil. 2. Qum: Muassasah al-Nasyr al-Islāmī li Jamā’ah al-Mudarrisīn, 1417 H.

-----. Al-Mīzān fī Tafsīr al-Qur’ān, jil. 3. Qum: Muassasah al-Nasyr al-Islāmī li Jamā’ah al-Mudarrisīn, 1417 H.

-----. Al-Mīzān fī Tafsīr al-Qur’ān, jil. 4. Qum: Muassasah al-Nasyr al-Islāmī li Jamā’ah al-Mudarrisīn, 1417 H.

-----. Al-Mīzān fī Tafsīr al-Qur’ān, jil. 10. Qum: Muassasah al-Nasyr al-Islāmī li Jamā’ah al-Mudarrisīn, 1417 H.

-----. Al-Mīzān fī Tafsīr al-Qur’ān, jil. 12. Qum: Muassasah al-Nasyr al-Islāmī li Jamā’ah al-Mudarrisīn, 1417 H.

-----. Al-Mīzān fī Tafsīr al-Qur’ān, jil. 13. Qum: Muassasah al-Nasyr al-Islāmī li Jamā’ah al-Mudarrisīn, 1417 H.

-----. Al-Mīzān fī Tafsīr al-Qur’ān, jil. 14. Qum: Muassasah al-Nasyr al-Islāmī li Jamā’ah al-Mudarrisīn, 1417 H.

-----. Al-Mīzān fī Tafsīr al-Qur’ān, jil. 17. Qum: Muassasah al-Nasyr al-Islāmī li Jamā’ah al-Mudarrisīn, 1417 H.

-----. Al-Mīzān fī Tafsīr al-Qur’ān, jil. 18. Qum: Muassasah al-Nasyr al-Islāmī li Jamā’ah al-Mudarrisīn, 1417 H.

-----. Bidāyat al-Hikmah. Qum: Muassasah al-Nasyr al-Islāmī li Jamā’ah al-Mudarrisīn, 1414 H.

-----.Nihāyat al-Hikmah. Qum: Muassasah al-Nasyr al- Islāmī li Jamā’ah al-Mudarrisīn, 1416 H.

Al-Thūsī, Nashīruddīn Syarh al-Isyārāt wa al-Tanbīhāt. Qum: Nasyr al-Balāghah, 1375 HS.

Ustadī, Ridhā, Āsyenā’ī bā Tafāsīr, ‘Adame Tahrīf-e Qur’ān wa Chand Bahts-e Qur’ānī. Tehran: Nasyr Quds, 1383 HS.

Al-Ūsī, Ali, Al-Thabāthabā’ī wa Manhajuhu fī Taf-sīrihi al-Mīzān. Tehran: Muawaniyah al-Riasah li ‘Alaqat al-Duawaliyyah fi Muna-zhzhamah al-I’lam al-Islami, 1985.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Powered by OJS | Azwar Muin