Tanzil : Jurnal Studi Al-Quran

Journal Homepage Image

Jurnal Studi Al-Qur`an TANZIL merupakan jurnal di bawah naungan STFI Sadra yang fokus pada penelitian tentang studi al-Qur`an dari berbagai disiplin pemikiran yang bertujuan untuk mewacanakan dialog teoritis, kritis antara akademisi dan pengkaji al-Qur`an. Artikel dalam jurnal ini terdiri dari hasil penelitian individu atau kelompok, berupa kajian literatur, termasuk di dalamnya tinjauan buku, studi tokoh maupun penelitian lapangan. Kajian ini diharapkan mampu membuka perspektif yang beragam dan pemahaman mendalam terhadap al-Qur`an.

TANZIL berasal dari bahasa Arab, tanzil berakar kata pada nazala atau nuzul yang berarti turun dan singgah. Kaitannya dengan studi al-Qur`an, tanzil bahkan ditempatkan oleh para ahli Tafsir dan Ulumul Qur`an sebagai salah satu nama al-Qur`an. Sebagai istilah kembar dengan inzal yang menegaskan aspek batin : dari alam gaib Ilahi turun mengalir dan memenuhi hati suci nabawi, tanzilmerupakan pernyataan literal dan aspek zahir hakikat al-Qur`an yang turun dari alam gaib Ilahi dan batin suci Nabi.

Sejurus dengan itu pula dapat diamati adanya unsur kebertahapan dalam tanzīl. Karena itu, tanzīl sesungguhanya menjelaskan penurunan hakikat al-Qur’an tersebut berlangsung secara gradual dan sepenggal-sepenggal, baik berupa ayat atau surah, tanpa mengabaikan relevansinya dengan situasi dan kondisi yang berkembang. Dapat diperhatikan bagaimana hubungan komplementer antara inzāl dan tanzīl; tanpa inzāl, tanzīl tidak berarti apa-apa; dan tanpa tanzīl, inzāl tak terjemahkan secara konkret dan kompatibel. Inzāl adalah wahana hakikat mutlak al-Qur’an, sementara tanzīl wahana perincian hakikat mutlak yang kelak menampakkan relevansi dan kontekstualitasnya dalam arus dinamika sosial dan sejarah manusia.

Bertolak dari kerangka di atas, jurnal ini berupaya menampilkan identitasnya dengan nama Tanzil untuk menegaskan muatan inzāl yang terurai dalam serat-serat dan anasir tanzīl dengan harapan: kiranya dapat menyerap nilai-nilai tanzīl semaksimal mungkin, yakni mencapai derajat yang mungkin dijangkau dari hakikat inzāl dan menerjemahkan kandungan terperinci tanzīl melalui perumusan pertanyaan secara akurat dan tajam yang diolah dengan pisau analisis, pers-pektif, pendekatan dan komparasi dengan realitas dinamika serta transformasi kehidupan. Cara dan harapan di atas ini barangkali salah satu maksud teks-teks agama dari kata istinthāq ‘menga-jak bicara’ dan istizdhār ‘meminta keterangan’ dari al-Qur’an, sehingga falsafah keberadaan al-Qur’an di tangan manusia tampak berarti penting.

Jurnal TANZIL terbit dua kali setahun, setiap bulan April dan Oktober. Kontribusi berupa artikel dikirimkan dengan mengikuti petunjuk penulisan yang telah ditetapkan ke alamat redaksi. Artikel-artikel yang masuk tidak mencerminkan pandangan redaksi atau lembaga Sekolah Tinggi Filsafat Islam (STFI) Sadra.

Announcements

 

Call for Papers Tanzil Jurnal Studi Al-Quran Vol. 1 No. 2 April 2017

Redaksi Tanzil Jurnal Studi Al-Quran mengundang para peneliti, akademisi, agamawan dan aktivis untuk mengirim naskah, baik berupa hasil penelitian individu atau kelompok, kajian literatur, termasuk di dalamnya tinjauan buku, studi tokoh, maupun penelitian lapangan. Jurnal Tanzil terbit dua kali setahun, setiap bulan April dan Oktober.
Posted: 2017-02-01 More...
 

Intensive Course “Ibn al-Arabi’s al-Futuhat al-Makkiyah”

During the month of April, STFI Sadra supported by AMINEF offers an intensive course.  This course is a selection for graduate credits, which are open to BA, M.A. and Ph.D. students and open to outside visitors.

Posted: 2016-04-08 More...
 

Call For Papers TANZIL Jurnal Studi Al-Qur`an Vol.1 No.2 April 2016

Redaksi jurnal TANZIL mengundang para peneliti, akademisi, agamawan dan aktifis untuk mengirimkan naskah, baik berupa hasil penelitian individu atau kelompok, kajian literatur, termasuk di dalamnya tinjauan buku, studi tokoh maupun penelitian lapangan. TANZIL terbit dua kali setahun, setiap bulan April dan Oktober.
Posted: 2016-04-06 More...
 
More Announcements...

Volume 1 Number 1, October 2015

Table of Contents

Articles

Wardani Wardani
PDF
1-12
Otong Sulaeman
PDF
13-26
Surahman Amin, Ferry Muhammadsyah Siregar
PDF
27-40
Muhammad Yusuf
PDF
41-52
Ikhlas Budiman
PDF
53-70
Ammar Fauzi
PDF
71-84
Seyyed Hosseini Kouhsari
PDF
85-97
Powered by OJS | Azwar Muin