Reader Comments

Apakah Bakteri Penyebab Infeksi Saluran Kemih?

by Holla Arnold Arnoldo Arendt (06-08-2019)


Apakah Bakteri Penyebab Infeksi Saluran Kemih? [Telp: 081366657878]. Bakteri penyebab infeksi saluran kemih adalah bakteri Escherichia coli. Bakteri ini lebih dikenal dengan nama bakteri E. coli. Bakteri yang hidup di saluran pencernaan ini dapat menyebabkan infeksi jika berkembang biak di saluran kemih. Infeksi terjadi saat bakteri E. coli masuk melalui lubang kencing dan naik ke saluran kemih.

Sebenarnya infeksi saluran kemih ini merupakan kondisi yang sering terjadi jika saluran kemih terinfeksi, namun beda halnya jika infeksinya sampai naik hingga ke sistem kemih bagian atas. Infeksi saluran kemih pada wanita umumnya terjadi akibat cara membersihkan dubur yang kurang tepat. Setelah buang air besar, membersihkan dubur seharusnya dilakukan dari depan ke belakang, bukannya sebaliknya. Seseorang yang terbiasa membersihkan dubur dari belakang ke depan maka lebih berisiko terkena infeksi saluran kemih. Bakteri penyebab infeksi saluran kemih akan masuk melalui vagina dan naik hingga ke sistem saluran kemih.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Mengenal Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat diderita oleh pria maupun wanita. Gejala yang menandai infeksi ini diantaranya adalah gangguan buang air kecil. Karena bakteri penyebab infeksi saluran kemih, akibatnya dapat menular kepada orang di sekitar penderita. Sistem saluran kemih terdiri dari berbagai organ seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Jadi infeksi saluran kemih terbagi menjadi beberapa jenis tergantung dari bagian yang terkena infeksinya.

Jenis infeksi saluran kemih yang pertama yaitu uretritis yaitu ketika infeksinya terjadi pada uretra. Sedangkan infeksi saluran kemih yang terjadi di bagian kandung kemih disebut cystitis. Jika infeksi sampai ke ureter dan ginjal maka gangguan infeksi saluran kemihnya dikenal dengan istilah uretritis dan pielonefritis. Yang paling parah adalah jika infeksinya telah sampai ke ginjal. Pasalnya ginjal merupakan organ vital yang jika mengalami gangguan, maka fungsi organ lainnya juga ikut terganggu. Terjadinya infeksi saluran kemih dapat terjadi karena beberapa faktor di bawah ini selain akibat bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Sebelum kita mengetahui apa saja faktor risiko terjadinya ISK, berikut ini adalah beberapa gejala yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Gejala ISK yang dialami biasanya berbeda jika hanya menginfeksi sistem saluran kemih bagian bawah dan yang telah naik ke sistem saluran kemih bagian atas.

• Nyeri setiap buang air kecil
• Jumlah urine yang dikeluarkan ketika buang air kecil sedikit
• Frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering
• Warna urine menjadi lebih gelap
• Urine berbau menyengat
• Nyeri pada perut bagian bawah dan panggul jika ISK dialami wanita
• Nyeri di rektum pada pria
• Dorongan untuk buang air kecil tidak dapat ditahan
• Lemas
• Kandung kemih terasa selalu penuh meskipun sudah buang air kecil. 
• Urine bercampur darah

Gejala di atas adalah yang muncul ketika infeksi saluran kemih menginfeksi sistem saluran kemih bagian bawah. Namun jika menginfeksi sistem saluran kemih bagian atas akan disertai gejala demam, menggigil, mual dan muntah, hingga mengalami diare. Sebelum gejala yang terakhir ini muncul, sebaiknya begitu mengalami gejala gangguan buang air kecil segera lakukan pemeriksaan di dokter. Gejala yang dialami oleh setiap orang bisa saja berbeda. Namun, jika menemukan gejala yang mirip dengan gejala ISK ini segera konsultasikan kekhawatiran Anda dengan dokter ahli. Hal ini untuk menghindari penyebaran bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Komplikasi Akibat Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan berbagai komplikasi jika dibiarkan tanpa adanya pengobatan. Apalagi jika infeksi bakteri penyebab infeksi saluran kemih telah sampai ke ginjal, maka dapat menyebabkan berbagai gangguan seperti berikut:

• Striktur uretra

Komplikasi ini terjadi pada penderita infeksi saluran kemih pria. Striktur uretra atau penyempitan pada uretra pria dapat menyebabkan kesulitan untuk buang air kecil. Untuk mencegah adanya komplikasi ini maka perlu dilakukan pengobatan dengan segera. Begitu gejalanya muncul, periksakan ke dokter sebelum infeksinya naik hingga ke organ sistem saluran kemih bagian atas dan menyebabkan infeksi ginjal.

• Sepsis

Jika infeksi saluran kemih telah sampai ke ginjal, maka dapat memicu terjadinya sepsi. Sepsi adalah komplikasi akibat infeksi. Kondisi sepsis ini dapat menyebabkan kerusakan banyak organ serta menurunnya tekanan darah secara drastis. Gejala yang dialami oleh seseorang yang mengalami sepsis ini diantaranya adalah mengalami demam, nyeri otot, serta diare. Jika penderitanya sampai mengalami sesak nafas dan jantung yang berdebar-debar, maka perlu segera kunjungi dokter. selain karena infeksi saluran kemih, sepsis juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi virus dan jamur. 

• Kelahiran premature

Bahaya lainnya akibat komplikasi infeksi saluran kemih adalah kelahiran prematur. Wanita hamil yang menderita infeksi saluran kemih akan rentan terhadap bahaya kelahiran prematur. Tak hanya membahayakan ibunya, kelahiran prematur ini juga bahaya bagi bayinya karena berat badannya yang terlalu rendah saat dilahirkan. Bayi prematur akan membutuhkan alat bantu yaitu inkubator selama beberapa lama sampai kondisinya stabil.

Komplikasi akibat bakteri penyebab infeksi saluran kemih dapat diatasi dengan cara melakukan pengobatan dengan segera. Pengobatan untuk infeksi saluran kemih dapat dilakukan dengan menggunakan obat untuk gangguan kencing. Pemakaian obat ini sebaiknya gunakan sesuai dengan aturan dari dokter. pengobatan secara mandiri tidak disarankan karena dikhawatirkan obat yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi infeksi menular seksual yang Anda alami. Untuk mengetahui seberapa parah infeksi saluran kemih yang Anda alami, silahkan lakukan pemeriksaan di Klinik Utama Sentosa. Komplikasi ini juga dapat dihindari dengan cara menjauhi faktor yang berisiko memicu infeksi bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Faktor Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Beberapa hal yang dapat meningkatkan faktor infeksi saluran kemih diantaranya adalah:
• Memiliki riwayat infeksi saluran kemih sebelumnya
• Baru saja menjalani operasi pada saluran kemih
• Memiliki kelainan sistem saluran kemih dari lahir
• Mengalami sumbatan pada saluran kemih seperti pembesaran prostat maupun penyakit batu ginjal. 
• Memiliki sistem imun lemah
• Mengalami penurunan hormon estrogen akibat menopause
• Menggunakan kateter dalam waktu lama
• Berhubungan seksual dengan pasangan yang menggunakan pelumas spermisida.

Itulah beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya infeksi menular seksual pada wanita maupun pria. wanita hamil juga lebih rentan mengalami infeksi saluran kemih karena adanya dorongan dari rahim. Wanita memang lebih rentan terkena infeksi saluran kemih karena letak uretra mereka yang jauh lebih dekat dengan anus. Selain itu uretra pada wanita juga jauh lebih pendek dibandingkan dengan uretra pria.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Penyebab utama dari gejala ISK ini adalah infeksi akibat bakteri penyebab infeksi saluran kemih yaitu bakteri E.coli. Jadi, salah satu cara untuk mengobati gejalanya adalah dengan menggunakan obat antibiotik. Ketika bakterinya telah berhenti menginfeksi, maka gejala yang muncul juga perlahan-lahan akan menghilang. Obat antibiotik yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih banyak jenisnya. Agar tidak salah menggunakan obat antibiotik, konsultasikan pengobatan untuk infeksi saluran kemih dengan dokter.

Untuk mengobati infeksi akibat bakteri penyebab infeksi saluran kemih dapat dilakukan di klinik kami. Tak hanya memiliki alat pengobatan yang lengkap dan canggih, klinik kami juga lebih mudah untuk dihubungi. Untuk reservasinya bahkan dapat dilakukan melalui cara online. Tinggal hubungi saja dokter kami di nomor 081366657878.

Original post: https://klinikutamasentosa.id/urethritis-ginekologi/apakah-bakteri-penyebab-infeksi-saluran-kemih/

Klinik Utama Sentosa Jakarta Utara: https://klinikutamasentosa.id/

Kunjungi: https://klinikutamasentosa.id/urethritis-ginekologi/



Powered by OJS | Azwar Muin